OTOMOTIF

Indonesia Resesi, Harga LCGC Bekas Naik Semua

Kamis, 05 Nov 2020 15:46 WIB

Rizki Pratama – detikOto

Jakarta – Hari ini Indonesia dinyatakan masuk jurang resesi berdasarkan pengumuman yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Di tengah daya beli yang masih lemah, harga-harga mobil LCGC bekas malah naik.

Terakhir harga mobil LCGC bekas yang dirangkum detikoto pada bulan September telah mengalami kenaikan di bulan November. Rata-rata kenaikannya Rp 3-5 juta dari semua model LCGC yang tersedia. Lebih jelasnya simak rangkuman harga LCGC bekas bulan ini versi detikoto.

1. Toyota Agya Tahun 2014

Mobil mungil ini dibekali dengan jantung mekanis 3-silinder 1.0 liter (998cc) VVT-i yang menghasilkan tenaga maksimal 64 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 85 Nm yang tersedia pada putaran 3.600 rpm. Toyota Agya ditawarkan dalam pilihan transmisi manual dan otomatis 4-speed.

Sebelumnya Agya bekas memiliki harga pasaran bekas di angka Rp 66 juta. Kini situs jual beli mobil bekas menjual Agya bekas dengan harga mulai dari Rp 69 juta.

2. Daihatsu Ayla Tahun 2014

Daihatsu Ayla 1.0 LDaihatsu Ayla 1.0 L Foto: Rangga Rahardiansyah

Kembaran Agya, Daihatsu Ayla tak memiliki perbedaan berarti dari sisi dapur pacu. Mobil ini juga menawarkan mesin 3 silinder 1.0 liter VVT-i. Namun, dari sisi harga berbeda baik itu baru maupun bekas.

Di pasar mobil bekas, Ayla mengalami kenaikan. Dari yang sebelumnya dibanderol di angka Rp 60 juta kini menjadi Rp 63 juta.

3. Honda Brio Satya Tahun 2014

PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan tiga model terbaru dalam IIMS 2016. Ketiga model tersebut yakni All New Honda Civic, New Honda Accord, New Honda Brio (Satya dan RS).PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan tiga model terbaru dalam IIMS 2016. Ketiga model tersebut yakni All New Honda Civic, New Honda Accord, New Honda Brio (Satya dan RS). Foto: Rengga Sancaya

Honda Brio merupakan mobil LCGC paling favorit di pasar Indonesia. Di Antara para LCGC 5 penumpang mobil ini juga yang paling mahal. Honda Brio hadir dengan menggunakan mesin i-VTEC SOHC 1.2 liter 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga 88 PS dan torsi 11.1 Kg.m pada putaran mesin 4.500 yang merupakan terbesar di kelasnya.

Brio Satya merupakan mobil LCGC yang harga bekasnya ikut naik. Bulan ini Honda Brio Satya di pasar mobil bekas harganya sekitar Rp 85 juta yang naik dari harga pasaran sebelumnya sekitar Rp 80 juta.

4. Suzuki Karimun Wagon R Tahun 2016

Suzuki Karimun wagon rSuzuki Karimun wagon r Foto: Rengga Sancaya

Suzuki Karimun Wagon R masih disokong mesin 1.000 cc DOHC Injection untuk menarik 5 penumpang di dalamnya. Mobil ini sudah menggunakan AC, Immobilizer, Central Lock, lampu multireflector, steering (rack and pinion ringan).

Wagon R bekas yang sebelumnya kebanyakan adalah tahun 2016. Kini rata-rata mobil ini dijual mulai dari tahun 2016 dengan label harga Rp 65 juta.

5. Datsun Go+ Tahun 2016

Datsun GO+ Panca T-Style diluncurkan di GIIASDatsun GO+ Panca T-Style diluncurkan di GIIAS Foto: Datsun Indonesia

Meski Datsun sudah angkat kaki dari Indonesia, mobil bekasnya masih ada dan kebetulan juga menawarkan LCGC. Datsun Go+ mesin HR12 dengan kapasitas 1.200 cc bertenaga 68 Ps dan baru tersedia dalam transmisi manual 5 percepatan.

Ketersediaan mobil ini di pasaran mobil bekas semakin tipis. Paling murah dapat ditemui penjual yang menawarkan harganya di angka Rp 58 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *