Dubes Sinyo Harry Sarundajang Akan Dimakamkan di Kawangkoan Minahasa

0
7
Dubes RI Sinyo Harry Sarundajang, meninggal dunia. (Foto: Pemprov Sulut)

Trisno Mais – detikNews

Sabtu, 13 Feb 2021 12:51 WIB

Minahasa – Jenazah Dubes RI untuk Filipina Sinyo Harry Sarundajang akan diterbangkan ke Sulawesi Utara, usai meninggal pada Sabtu dini hari. Sinyo Harry Sarundajang rencananya dimakamkan di kampung halamannya di Kawangkoan, Kabupaten Minahasa.

“Rencana dimakamkan di Kawangkoan Minahasa, di kampung halaman,” ujar putri Sinyo, Vanda Sarundajang, kepada wartawan, Sabtu (13/2/2021).

Sinyo Harry Sarundajang meninggal pada hari Sabtu (13/2) pukul 00.31 WIB di RS Siloam, Jakarta pada usia ke-76 tahun. Sinyo Harry Sarundajang meninggal karena sakit.

“Iya, dia sakit sudah beberapa waktu belakang ini,” kata Vanda, yang juga anggota DPR RI dari Fraksi PDIP ini.

Vanda belum memastikan waktu pemakaman Sinyo Harry Sarundajang di Kawangkoan. Rencananya, jenazah dimakamkan antara hari Selasa (16/2) atau Rabu (17/2).

Pemakaman belum dikonfirmasi kepastiannya, antara Selasa atau Rabu,” kata Vanda.

Sinyo Harry Sarundajang lahir di Kawangkoan tanggal 16 Januari 1945. Dia bertugas dubes RI untuk Filipina merangkap Kepulauan Marshall dan Palau sejak 20 Februari 2018.

Sinyo Harry Sarundajang juga pernah menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Utara selama dua periode, pada 2005-2015. Di tengah masa jabatannya sebagai Gubernur Sulawesi Utara, dia menjadi Ketua Umum Panitia Daerah penyelenggaraan World Ocean Conference (WOC), Coral Triangle Initiative Summit (CTI), serta Sail Bunaken pada 2009.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here