PENDIDIKAN

Dosen UGM Kembangkan Metode Pemodelan Isyarat Radar Pelacakan Kapal

Dosen UGM Iswandi juga merumuskan metode pengujian algoritma pencarian kapal.

Kamis 22 Feb 2024 01:53 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Erdy Nasrul

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Dosen Teknik Elektro UGM, Iswandi, melaksanakan ujian terbuka doktor di UC UGM, Selasa (20/2/2024). Dalam disertasinya ia  melakukan riset pemanfaatan High Frequency Surface Wave Radar (HFSWR) untuk deteksi dan pelacakan kapal. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung upaya menjaga keamanan, ketahanan, dan integritas nasional.

Terlebih sebagai negara maritim dengan wilayah perairan laut yang sangat luas, Indonesia perlu memiliki sistem pengawasan wilayah laut yang mumpuni, salah satunya dengan pengawasan terhadap keberadaan kapal di perairan Indonesia.

Selain mengembangkan metode pemodelan isyarat radar, Iswandi juga merumuskan metode pengujian algoritma pelacakan kapal pada HFSWR untuk kapal dengan manuver tinggi.

“HFSWR merupakan teknologi tepat guna untuk pengawasan wilayah maritim karena cakupan yang luas hingga batas zona ekonomi eksklusif serta dapat bekerja secara real time,” kata Iswandi, dalam keterangan, Selasa (20/2/2024).

Pria kelahiran Kulon Progo tersebut  mengatakan bahwa permasalahan dalam implementasi HFSWR untuk memonitor kapal adalah resolusi spasial dan temporal yang relatif rendah, sehingga memiliki kesulitan untuk melacak kapal dengan manuver tinggi. Untuk meningkatkan akurasi diperlukan piranti dan metode untuk pengujian algoritma pelacak kapal bermanuver tinggi.

Dirinya juga membuat model matematis HFSWR dengan tiga bagian utama yaitu isyarat masukan, sistem pengolah isyarat radar, dan pendeteksi sasaran. Isyarat masukan terdiri dari isyarat pantulan kapal, clutter laut, dan derau. Model yang disusun dapat menghasilkan data yang bisa dipergunakan untuk mendemonstrasikan proses deteksi dan pelacakan kapal.

Penelitian yang dilakukan telah menghasilkan sebuah model isyarat HFSWR dengan kontribusi dan kebaruan pada penggunaan model MMG untuk menghasilkan data radar pada kapal bermanuver tinggi. 

“Penelitian telah berhasil menyusun metode analisis kinerja algoritma pelacakan kapal pada HFSWR dengan mempertimbangkan gerak kapal manuver tinggi dan kompensasi terhadap variasi galat radial,” ucap Iswandi.

Iswandi memperoleh nilai A untuk disertasi ini, dan berhasil menyelesaikan studi doktoral dengan predikat sangat memuaskan dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 4,0. Hasil penelitian ini pun telah dipublikasikan dalam jurnal internasional berjudul ‘An Evaluation Method of Ship Tracking Algorithms for High Frequency Surface Wave Radar considering High Maneuvers Generated by the MMG Model’ yang terbit pada Journal of Engineering pada tahun 2023 lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *