Dibuat Ulang, Patung Kapten Muslihat Kini Berdiri di Jembatan Merah Bogor

0
113

M Solihin – detikNews
Rabu, 28 Des 2022 15:25 WIB

Jakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor meresmikan patung baru Kapten Muslihat di Jl Kapten Muslihat. Patung ini merupakan pengganti patung yang sebelumnya ada di Taman Topi Kota Bogor.
Peresmian patung karya seniman Yayat Sudrajat ini dilakukan langsung Wali Kota Bogor Bima Arya, Wawalkot Bogor Dedie A. Rachim, dan ahli waris Kapten Tb Muslihat.

“Peresmian patung ini bertepatan dengan gugurnya Kapten Muslihat pada 25 Desember 1945 dan hari pembuatan patungnya juga bertepatan dengan hari lahirnya Kapten Muslihat, yakni 26 Oktober,” ujar Bima Arya dalam keterangannya, Kamis (28/12/2022).

Patung Kapten Muslihat tampak kokoh di ujung Jembatan Merah dan berada di tengah pertigaan Jl Merdeka dan Jl Kapten Muslihat, Kota Bogor. Tangan kiri patung Kapten Muslihat tampak menunjuk ke arah Stasiun dan Istana Bogor. Konon, lokasi ini menjadi lokasi terdekat dengan posisi Kapten Tb Muslihat tewas ditembak pasukan Ghurka yang menyerang Kota Bogor.

Patung Kapten Muslihat yang kini berada di ujung Jembatan Merah merupakan pembuatan ulang dari patung yang sudah pernah ada sebelumnya di Taman Topi Bogor, salah satu taman rekreasi bermain anak yang melegenda di Kota Bogor.

Pada masanya, patung ini juga menjadi salah satu landmark Kota Bogor dan dikenal banyak orang. Patung ini berdiri tegak di depan Taman Topi, juga jadi salah satu lokasi favorit warga untuk berfoto. Namun patung ini dibongkar ketika Taman Topi direnovasi menjadi Alun-alun Kota Bogor.

“Ketika Taman Topi dibongkar untuk direnovasi, banyak sekali warga Bogor yang meminta agar patung Kapten Muslihat tidak dibongkar. Ini menunjukkan warga Kota Bogor sangat menghormati dan mencintai sosok Kapten Tb Muslihat,” kata Bima.

Setelah berkomunikasi dengan pihak ahli waris Kapten Tb Muslihat, akhirnya Pemkot Bogor sepakat membuat ulang patung Kapten Tb Muslihat dengan bentuk lebih menyerupai sosoknya.

“Komunikasi ini untuk merencanakan bukan saja memindahkan patung ke tempat yang lebih strategis, tapi sekaligus mereka ulang wajah, tubuh dan perawakan dari Kapten Muslihat seperti yang dilihat sekarang,” tambahnya.

Perwakilan Keluarga Kapten Tb Muslihat, Yuanita Iskandar, mengapresiasi Pemkot Bogor yang memberi penghargaan serta mendukung pembuatan ulang patung Kapten Tb Muslihat. Ia berharap perjuangan Kapten Tb Muslihat menginspirasi semangat bagi generasi saat ini.

“Patung ini nyaris mirip dengan sosok aki Muslihat, karena kami memakai foto Aki Muslihat sebelum gugur pada 25 Desember 1945. Aki ditembak pasukan Gurkha yang menyerang Kota Bogor di deket rel stasiun Jembatan Merah,” kata Yuanita.

“Setelah ditembak, aki (Kapten Tb Muslihat) langsung dibawa pulang ke rumah di Panaragan dan meninggal di pangkuan istrinya yang saat itu sedang mengandung anak satu-satunya,” tambahnya.

(dek/dek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here