Deretan Negara Ini Sudah Deteksi Varian COVID-19 Omicron

0
24

Minggu, 28 Nov 2021 17:35 WIB

Astika – detikHealth

Jakarta – Pada 26 November 2021, WHO resmi menyatakan varian Omicron (B.1.1.529) sebagai penyebab timbulnya kenaikan kasus di Afrika sekaligus sebagai varian of concern (VOC).

Varian Omicron pertama kali muncul di Botswana, wilayah yang bertetangga dengan Afrika Selatan, dilaporkan pada orang yang sudah divaksinasi.

Australia
Australia baru saja melaporkan kasus pertama varian Omicron pada Minggu, (28/11/2021). Kasus terkonfirmasi positif tersebut berasal dari 2 turis yang sedang dikarantina di New South Wales, yakni salah satu negara bagian Australia.

Kedua turis tersebut memiliki riyawat perjalanan dari Afrika Selatan dan mendarat di Australia dengan penerbangan Qatar Airways.

Hong Kong
Hong Kong menemukan kasus pertama varian Omicron menginfeksi seorang pasien yang baru berpulang dari Afrika Selatan.

Namun, selang beberapa hari, tamu dari salah satu hotel di Hong Kong juga dinyatakan positif COVID-19 varian Omicron. Temuan dua kasus varian baru ini memicu rasa was-was para pelancong yang tiba di Hong Kong.

Inggris
Inggris telah mengkonfirmasi 2 kasus pertama COVID-19 varian Omicron. Kedua kasus tersebut berkaitan dengan perjalanan dari Afrika Selatan.

Afrika Selatan
Menteri Kesehatan Afrika Selatan Joe Phaahla mengatakan varian Omicron kini menjadi perhatian serius. Ahli virologi mendeteksi hampir 100 kasus terkait dengan varian Omicron di Afrika Selatan.

Israel
Kasus pertama varian Omicron di Israel berasal dari pasien yang baru melakukan perjalanan dari Malawi.

Saat ini, pemerintah Israel telah melakukan penutupan sebagian wilayah perbatasan (lockdown) untuk mencegah penyebaran varian baru ini.

Belgia
Di Belgia, pasien yang terinfeksi varian Omicron ini baru pulang dari Mesir. Kasus tersebut sekaligus kasus pertama varian baru yang terkonfirmasi di Eropa.

Italia
Italia melaporkan telah mendeteksi kasus pertama varian Omicron yang dideteksi dari seorang pelancong dari Mozambik.

Jerman
Jerman baru saja mengumumkan temuan 2 kasus varian Omicron yang terdeteksi di negara bagian Bavaria dan satu kasus lainnya di Jerman Barat. Diketahui 2 kasus tersebut masuk melalui Bandara Munich pada 24 November lalu.

Republik Ceko
Republik Ceko melaporkan kasus pertama varian Omicron adalah seorang wanita yang baru saja melakukan perjalanan internasional ke Namibia. Wanita tersebut diketahui sudah divaksin dan menunjukkan gejala yang ringan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here