Dentuman Terdengar di Jakarta-Bogor, PVMBG: Gunung Salak-Gede Normal

0
56
Kepala PVMBG, Kasbani (Foto: Mochamad Solehudin)

Nur Azizah Rizki Astuti – detikNews

Sabtu, 11 Apr 2020 09:02 WIB

Jakarta – Suara dentuman yang terdengar di Jakarta hingga Bogor dini hari tadi masih misteri. Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani, mengatakan pihaknya belum mengetahui sumber suara dentuman itu.

“Kami juga belum tahu, barangkali dari sumber lain,” kata Kasbani saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (11/4/2020).

Kasbani menduga suara dentuman itu berasal dari sumber lain. Namun, ia menyatakan aktivitas gunung di sekitar Bogor masih normal.

“Gunung Salak dan Gunung Gede statusnya masih nornal. Tidak ada peningkatan aktivitas vulkanik yang signifikan,” jelasnya.

Kasbani juga memastikan suara dentuman itu bukan berasal dari erupsi Gunung Anak Krakatau malam tadi. Menurutnya, tak terdengar suara dentuman di pos pantau Anak Krakatau di Pantai Carita, Banten.

“Memang betul suara dentuman itu tidak terdengar di Pos Pengamatan yang di Pasauran, Pantai Carita,” ujar Kasbani.

Sebelumnya diberitakan, terdengar suara dentuman di sejumlah wilayah, di antaranya Jakarta Selatan, Depok, hingga Kabupaten Bogor. Letusan terdengar beberapa kali sejak sekitar pukul 02.00 WIB.

Suara dentuman terdengar beberapa kali dengan selang waktu. Suara dentuman itu juga mengakibatkan daun pintu yang terkunci bergetar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here