Corona Varian Kappa Masuk Jakarta, Wagub Minta Warga di Rumah Saja

0
8
Wagub DKI Ahmad Riza Patria (Karin Nur Secha/detikcom)

Tiara Aliya Azzahra – detikNews

Kamis, 01 Jul 2021 22:21 WIB

Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mewaspadai virus Corona varian Kappa yang sudah masuk ke Ibu Kota. Dia meminta warga menjaga diri dengan berada di rumah saja.

“Yang paling penting adalah kembali ke masyarakat untuk tetap berada di rumah karena varian baru ini sangat cepat menular dan membahayakan,” kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (1/7/2021).

Selain varian Kappa, ratusan kasus varian baru Corona lainnya telah terdeteksi di Jakarta. Jumlah ini, sebutnya, bisa terus bertambah. Untuk itu, pihaknya gencar melakukan genome sequencing untuk melacak varian baru Corona.

“Memang ada peningkatan (kasus varian baru). Untuk itu, kami dibantu oleh Kementerian Kesehatan terus melakukan penelitian terhadap varian dan penyebarannya,” jelasnya.

Bahkan, politikus Gerindra itu juga menyatakan kini varian baru Corona menjangkiti anak-anak. Sekali lagi, dia meminta warga mewaspadai varian baru Corona yang lebih cepat penyebarannya.

“Sekalipun juga cepat sembuhnya, tetapi faktanya sekarang anak-anak kita sudah banyak yang terpapar virus Corona (varian baru),” sebutnya.

Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI Jakarta melaporkan kasus virus Corona varian Kappa sudah masuk DKI Jakarta. Varian ini dilaporkan mampu menghindari imunitas hingga mempengaruhi sifat penularan.

Saat ini, 169 kasus varian baru terdeteksi di Jakarta. Sebanyak 55 di antaranya menjangkiti anak-anak di bawah usia 18 tahun.

“Sementara itu, dari 168 jumlah variant of concern (VOC), terdapat 55 yang berdampak keterpaparan pada anak-anak usia dari 0-18 tahun di Jakarta,” tulis keterangan resmi Pemprov DKI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here