Corona Jahat! 45 Ribu Pegawai Jaringan Bioskop Ini Kena PHK

0
7

Trio Hamdani – detikFinance

Senin, 05 Okt 2020 23:00 WIB

Jakarta – Jaringan bioskop terbesar kedua di dunia, Cineworld akan menutup bioskopnya di Inggris dan Amerika Serikat (AS). Alhasil 45 ribu pekerja bakal kena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Langkah perusahaan diambil karena mereka berjuang melawan dampak pandemi COVID-19. Melansir dari Reuters, Senin (5/10/2020), perusahaan mengatakan keengganan studio film untuk merilis film seperti James Bond membuat mereka tidak punya pilihan selain menutup 536 bioskop Regal di AS dan 127 bioskop Cineworld dan Picturehouse di Inggris mulai 8 Oktober.

Cineworld sebenarnya sudah dibuka kembali pada bulan Juli setelah pembatasan terkait virus Corona mulai mereda, tetapi penundaan tayangnya film James Bond “No Time To Die”, termasuk “Black Widow” dari Marvel membuat bulan-bulan mendatang tampak suram.

“Dari sudut pandang likuiditas, kami mengalami pendarahan yang jauh lebih besar saat kami buka dibandingkan saat kami tutup,” kata Chief Executive Cineworld Mooky Greidinger kepada Sky News.

Saham perusahaan telah turun sebanyak 60% ke level terendah sepanjang masa dalam sepuluh menit sejak bel pembukaan pada hari Senin. Kerugian mereka tahun ini ditaksir lebih dari 90%.

Pernyataan Cineworld mengikuti evaluasi suram oleh agensi pemeringkat S&P pada hari Jumat dari saingannya AMC Entertainment, pemilik rantai Odeon yang mengatakan grup yang berbasis di AS itu dapat kehabisan likuiditas dalam enam bulan kecuali jika dapat mengumpulkan lebih banyak modal.

Industri hiburan memang menjadi salah satu sektor yang terpukul oleh jaga jarak sosial dan pembatasan lainnya. Misalnya saja Walt Disney yang minggu lalu mengumumkan rencana untuk memberhentikan sekitar 28 ribu karyawan, sebagian besar di taman hiburan AS.

Sementara itu beberapa bioskop di China, pasar film terbesar kedua di dunia telah dibuka kembali dengan jumlah penonton yang banyak meskipun ada kekurangan film besar untuk ditonton di layar lebar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here