China Batalkan Puluhan Penerbangan AS Gegara Penumpang Positif Corona

0
7

Novi Christiastuti – detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 15:33 WIB

Beijing – Otoritas China memerintahkan pembatalan puluhan jadwal penerbangan dari Amerika Serikat (AS) dalam beberapa pekan terakhir. Pembatalan itu diperintahkan setelah sejumlah penumpang dalam penerbangan AS dinyatakan positif virus Corona (COVID-19) setibanya di China.
Seperti dilansir Reuters, Selasa (11/1/2022), regulator penerbangan China memerintahkan pembatalan total delapan penerbangan dari AS tujuan Shanghai di bawah aturan pandemi Corona.

Penerbangan yang dibatalkan terdiri dari empat penerbangan maskapai United Airlines, dan masing-masing dua penerbangan maskapai Delta Air Lines dan American Airlines.

Dalam pernyataannya, maskapai Delta Air Lines mengatakan pihaknya membatalkan penerbangan rute Detroit-Shanghai pada Jumat (7/1) lalu dan untuk 14 Januari mendatang.

Disebutkan bahwa pembatalan itu didasari oleh aturan otoritas China yang mengharuskan ‘semua maskapai yang terdampak’, yang penumpangnya positif Corona, ‘untuk membatalkan layanan masuk pada penerbangan tertentu tujuan China’.

Maskapai United Airlines secara terpisah menyebut pihaknya terpaksa membatalkan penerbangan rute San Francisco-Shanghai yang dijadwalkan untuk tanggal 15, 19, 22 dan 26 Januari. Maskapai yang bermarkas di Chicago ini diketahui mengoperasikan empat kali penerbangan dalam seminggu untuk rute tersebut.

Departemen Transportasi AS belum mengomentari hal ini.

Otoritas Penerbangan Sipil China (CAAC) juga membatalkan sedikitnya 22 penerbangan tujuan AS yang dioperasikan oleh maskapai-maskapai China sejak Desember lalu, setelah ada penumpang positif Corona. Penerbangan yang dibatalkan termasuk delapan penerbangan maskapai China Southern Airlines Co.

AS diketahui menghadapi lonjakan kasus Corona yang disebabkan varian Omicron yang sangat menular. Pada Senin (10/1) waktu setempat, otoritas AS melaporkan 136.604 pasien Corona kini dirawat di rumah sakit. Angka itu melampaui rekor rawat inap sebelumnya pada Januari 2021, dengan 132.051 pasien

Angka rata-rata tujuh hari untuk kasus harian Corona di AS meningkat dua kali lipat dalam 10 hari terakhir, mencapai 704.000 kasus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here