KEUANGAN

Bukan China, Ini Negara yang Paling Banyak Tanam Duit di RI

Herdi Alif Al Hikam – detikFinance
Rabu, 27 Apr 2022 13:26 WIB

Jakarta – Realisasi investasi asing pada kuartal I tahun 2022 adalah sebesar Rp 147,2 triliun. Jumlah itu mencapai 52% realisasi investasi di tanah air.
Selama ini bila bicara investasi asing, China selalu disebut-sebut paling banyak menggelontorkan dana ke Indonesia. Padahal nyatanya tidak. Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menjelaskan Singapura menjadi negara nomor satu yang menanamkan modalnya di Indonesia.

Modal asing yang direalisasikan dari Singapura mencapai US$ 3,6 miliar atau sekitar Rp 51,4 triliun (kurs Rp 14.300). Uang segitu banyak pun menurut Bahlil belum tentu punya masyarakat Singapura semua.

Selama ini menurutnya, Singapura menjadi hub investasi. Malah ada kemungkinan uang orang Indonesia ada yang diinvestasikan lewat Singapura.

“Pertama ini adalah Singapura. Sekali lagi saya sampaikan jangan terkecoh dengan data ini dalam konteks negara asal, karena Singapura ini saya tidak yakin ini orang Singapura semua. Ini Singapura cuma jadi hub aja. Sebagian orang Indonesia juga, mereka bangun perusahaan di sana kemudian invest di sini. Ini sudah terkonfirmasikan oleh marketing intelligence kami,” papar Bahlil dalam konferensi pers virtual, Rabu (27/4/2022).

Lebih lanjut, di urutan kedua ada Hong Kong dengan realisasi mencapai US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 21,45 triliun. Baru lah China ada di urutan ketiga dengan total investasi sebesar US$ 1,4 miliar atau senilai Rp 20 triliun.

“Ini merata nih, Tiongkok atau China itu turun ke nomor 3, nomor 2 Hong Kong. Jadi kasih tahu kalau ada di medsos data yang baik, jangan menyesatkan. Bahwa seolah-olah negara kita investasinya dikuasai satu negara tertentu saja. Ini data valid sekali, jangan pakai data-data hoax,” beber Bahlil.

Lebih lanjut, menurut Bahlil ada Jepang dan Amerika Serikat yang baru saja masuk 5 besar investasi asing terbesar di Indonesia sejak 2021 yang lalu.

Tercatat Jepang berada di urutan keempat dengan realisasi investasi US$ 825 juta atau sekitar Rp 11,7 triliun dan Amerika Serikat di posisi berikutnya dengan realisasi investasi sebesar US$ 628 juta atau sekitar Rp 8,9 triliun.

“Jepang dan Amerika ini tak masuk 5 besar di Kuartal I 2021. Tapi mulai kuartal IV mereka masuk, jadi merata ini,” ungkap Bahlil.

Berikut ini 10 besar investasi asing yang masuk ke Indonesia:
Singapura US$ 3,6 miliar
Hong Kong US$ 1,5 miliar
China US$ 1,4 miliar
Jepang US$ 825 juta
Amerika Serikat US$ 628 juta
Malaysia US$ 610 juta
Korea Selatan US$ 445 juta
Inggris US$ 228 juta
Mauritius US$ 205 juta
Belanda US$ 178 juta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *