Bidan Positif COVID-19 Usai Divaksin, Ini Penjelasan Satgas Pandeglang

0
62

Rifat Alhamidi – detikNews

Selasa, 09 Feb 2021 16:29 WIB

Pandeglang – Seorang bidan di Pandeglang, Banten dilaporkan positif terpapar virus Corona usai mendapat vaksinasi COVID-19. Satgas menyebut nakes tersebut tertular saat melakukan perjalanan ke luar Pandeglang.

“Nakes tersebut sempat keluar melakukan perjalanan dari Pandeglang. Kita akan koordinasi dengan satgas di beberapa wilayah Banten,” kata Jubir Satgas COVID-19 Pandeglang Achmad Sulaeman kepada wartawan, Selasa (9/2/2021).

Satgas pun menyayangkan tindakan bidan itu yang tak mematuhi protokol kesehatan usai divaksin. Pasalnya, dia diketahui pernah melakukan perjalanan seperti ke Serang dan Lebak, Banten.

“Kita sangat menyayangkan hal itu. Ini jadi catatan kita untuk para nakes yg telah divaksin, tetap harus melakukan prokes dan tidak pergi kemana mana karena mereka ini tetap berisiko terjadi penularan,” jelasnya.

Meski demikian, satgas memastikan sudah melakukan tracing terhadap keluarga sang bidan dan beberapa orang yang pernah kontak erat dengan nakes tersebut. Satgas tak ingin penyebaran Corona nantinya makin meluas.

“Tracingnya sudah kami lakukan, termasuk ke puskesmas dan lingkungan di perumahannya,” tuturnya.

“Pada intinya, vaksin ini bukan jaminan kita lepas dan bisa bebas dari Corona, karena bisa saja tertular lagi. Vaksin ini hanya pelengkap, yang terpenting itu penerapan prokes yang ketat harus dilakukan,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here