Begini Suasana Isolasi Wilayah Kota Tegal Hari Pertama

0
59
Hari pertama isolasi wilayah di Kota Tegal, Senin (30/3/2020). (Foto: Imam Suripto/detikcom)

Imam Suripto – detikNews

Senin, 30 Mar 2020 11:26 WIB

Jakarta – Hari pertama isolasi wilayah di Kota Tegal, Jawa Tengah, diberlakukan secara penuh masih belum berjalan sesuai rencana. Sejumlah petugas masih sibuk menutup akses jalan jalan di kawasan Kota Tegal. Sementara, petugas medis masih melakukan persiapan.

Pantauan detikcom di kawasan Kota Tegal, Senin (30/3/2020), ada beberapa ruas jalan yang masih belum sepenuhnya ditutup. Di pertigaan Jalan Gajah Mada misalnya, masih bisa dilalui kendaraan roda empat meski sudah dipasangi beton.

Beberapa pengemudi mobil terlihat masih bisa menerobos celah beton untuk masuk kawasan kota. “Bisa masuk. Ada celah seukuran mobil,” kata Ridho (43) asal Brebes.

Beberapa akses masuk juga masih belum sepenuhnya ditutup. Beberapa ruas jalan kecil yang ada di sepanjang Jalan Gajah Mada tampak masih terbuka. Beberapa petugas tampak sibuk memasang beton untuk menutup jalan.

“Ini melanjutkan saja. Masih ada yang belum tertutup beton. Tapi tidak banyak,” ujar seorang pekerja.

Sedangkan di Jalan Proklamasi, salah satu pintu masuk petugas masih menyiapkan segala perlengkapannya. Di depan kantor Dinas Kesehatan, berdiri posko terpadu yang akan dipakai untuk memeriksa pendatang yang akan masuk Kota Tegal.

Di ruang ini tersedia alat-alat pemeriksaan, bilik berisi tempat tidur untuk periksa kesehatan dan obat-obatan standar. Seorang petugas yang mengenakan APD mengatakan, petugas posko masih melakukan persiapan untuk menangani para pendatang yang masuk Kota Tegal.

“Nanti jam 12 baru mulai pelaksanaannya. Tapi di sini alat-alatnya sudah siap,” kata petugas medis tersebut.

Hari pertama isolasi wilayah di Kota Tegal. (Foto: Imam Suripto/detikcom)

Sejak diberlakukan isolasi wilayah, akses jalan yang sempat ditutup di dalam kota kini mulai dibuka. Seperti jalan masuk ke kawasan alun-alun, blokade water barier sudah digeser ke pinggir jalan.

Pamasangan blok beton masih dilakukan (Foto: Imam Suripto/detikcom)

Demikian pula akses jalan ke pusat keramaian di kawasan kota kini sudah dibuka. Meski akses jalan sudah kembali normal, suasana kota masih tampak lengang. Arus lalu lintas juga tidak sepadat kondisi normal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here