BAKSOS Siswa MA Plus Nurul Ummah Sebagai Wujud Peduli Sesama

0
125
Para Siswa Baksos MA Plus Nurul Ummah berfoto bersama salah satu anggota DKM Jami Al Raudlah

Syarif-i60news

Minggu, 7 Nov 2021 : 7.30 WIB

Bakti Sosial melatih kepekaan dan kepedulian siswa terhadap masyarakat

Bogor– Salah satu wujud kepedulian kita sebagai makhluk zoon politicon, yaitu bahwa manusia ditakdirkan tidak dapat hidup sendiri dan pasti butuh bantuan orang lain. Perwujudan akan kepedulian terhadap sesama tidak mengenal batas. Apa pun aktivitasnya, selama itu bermanfaat untuk orang lain (orang banyak) maka patut kita syukuri dan berterima kasih.

Kepedulian terhadap sesama tersebut juga ditanamkan kepada para siswa MA Plus Nurul Ummah dalam bentuk Bakti Sosial yang dilaksanakan pada Kamis, 4 November 2021 dengan mengangkat tema Kebersihan yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Gugus Depan 08.019-08.020 Moh. Hatta dan Dewi Sartika Sanggar Bakti MA Plus Nurul Ummah.

Para Siswa Anggota Pramuka Baksos MA Plus Nurul Ummah berfoto bersama di depan mesjd Jami Al Husna

Kegiatan Bakti Sosial ini adalah kegiatan perdana yang dilaksanakan di dua tempat dalam waktu yang bersamaan, yaitu di mesjid Jami Al Raudlah (Cibuntu Kaum) dan di mesjid Jami Al Husna (Cibuntu Kebon Jeruk).

Selain sebagai pemenuhan salah satu syarat yang terdapat dalam poin SKU Bantara dan Laksana, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan jiwa sosial dan kesadaran bagi anggota gerakan Pramuka MA Plus Nurul Ummah akan kebersihan (sanitasi).

Anggota pramuka sedang membersihkan area mesjid

Adapun manfaat diadakannya kegiatan bakti sosial ini diantaranya adalah dapat menumbuhkan kepedulian sosial anggota gerakan Pramuka MA Plus Nurul Ummah terhadap kebersihan, membantu masyarakat dalam mengurus dan merapikan mesjid, serta menjalin silaturahmi antara anggota gerakan Pramuka MA Plus Nurul Ummah baik secara individu maupun secara kelembagaan dengan masyarakat sekitar.

Dalam kegiatan bakti sosial ini, beberapa siswa MA Plus Nurul Ummah dilibatkan, mulai dari kelas X hingga kelas XII sebagai representasi dari para siswa lainnya, sebagai berikut:

  1. Siti Sarah kelas XII.2
  2. Siti Nurjanah kelas XII.2
  3. Ade irma permata kelas XII.2
  4. Sulisda Fatiha kelas XII.2
  5. Ananda Nabila kelas XII.2
  6. Juwita Nurmaulida kelas XII.2
  7. Julia Rodiatul jannah kelas XII.2
  8. Adelia juliyanti kelas XII.2
  9. Dhia Isfihana zahra kelas XII.2
  10. Rheka herdiana rahim kelas XII.2
  11. Siti Nurapipatu saila kelas XI
  12. Maulida Intan susanti kelas XI
  13. Mutaharoh kelas XI
  14. Muhammad fikri pradana kelas XI
  15. Rifan Mubarok kelas XI
  16. Wita septiani kelas X.1
  17. Muzdalifah Izati kelas X.1
  18. Nuralifah kelas X.1
  19. Nazma Rahmatunnisa kelas X.1
  20. Novianti Aulia Putri kelas X.1
  21. Tiara kelas X.1
  22. Nova Audi prianti kelas X.2
  23. Karnita kelas X.2
  24. Fitri Awalya effendi kelas X.2
  25. Nurlaelatul Apipah kelas X.2
  26. Delis Julia Nengsih kelas X.2
  27. Saskia Dwi Andini kelas X.2
  28. Nazwa Tasya kelas X.2
  29. Suci Ramadhani kelas X.2

Sebagai penanggung jawab kegiatan ini adalah mereka yang duduk di kelas XII.2 yaitu: Sulisda Fatiha sebagai Ketua Pelaksana, Ade Irma Permata sebagai Sekretaris, Rheka Herdiana Rahim sebagai Bendahara, Siti Nurjanah dan Dhia Isfihana Zahra bertugas di bagian logistik, Adelia Juliyanti, Nanda Nabila, dan Julia Rodiatul Jannah bertugas di bagian Kegiatan, Siti Sarah dan Juwita Nurmaulida bertugas di bagian Konsumsi.

Sebelum para anggota gerakan Pramuka MA Plus Nurul Ummah dilepas untuk mengadakan bakti sosial, mereka diberikan pengarahan dan bimbingan oleh Bapak R. Holid Suryadireja, S.E., selaku Waka Kesiswaan yang mewakili kepala sekolah MA Plus Nurul Ummah.

Upacara Penglepasan Para Siswa Anggota Pramuka MA Plus Nurul Ummah pada Kegiatan Baksos

Disela kesibukannya, kepala sekolah MA Plus Nurul Ummah Yudi Saepul Rizal, M.Pd mengatakan “Alhamdulillah, salah satu program MA Plus Nurul Ummah bidang Kepramukaan sudah dapat terealisasikan dalam hal sosial kemasyarakatan, khususnya kegiatan baksos siswa di mesjid sekitar wilayah di Kecamatan Ciampea.”

“Kegiatan baksos siswa ini akan berlanjut setiap dua minggu sekali untuk mendidik kedisiplinan para siswa serta memiliki sikap rasa tanggung jawab dan kepedulian terhadap masyarakat, ” imbuhnya.

(#Dina#)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here