46 Kasus Omicron di Indonesia, 40 di Antaranya Sudah Divaksin 2 Kali

0
12

Indra Komara – detikNews
Minggu, 26 Des 2021 20:40 WIB

Jakarta – Kemenkes mencatat sudah 46 kasus varian Omicron yang terdeteksi di Indonesia. 40 di antaranya sudah divaksin dua kali.
“Ada yang belum vaksin 3 orang dan ada yang baru dapat vaksin 1 kali 3 orang. Tapi sebagian besar sudah divaksin (dua kali)” ujar Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi, Minggu (26/12/2021).

Siti menuturkan sebagian besar pasien Omicron di RI ini merupakan pelaku perjalanan dari luar negeri. Kasus meningkat seiring kepulangan PMI ke Tanah Air.

“Sebagian besar dari pelaku perjalanan LN yang merupakan sebagian besar PMI yang saat ini mencapai 3.000-an per hari,” ujarnya.

Selain itu kasus omicron meningkat juga karena adanya laporan yang masuk.

“Kalau meningkat karena makin banyak yang melaporkan adanya omicron ini artinya penyebaran omicron ini juga luas,” paparnya.

Sebelumnya temuan kasus omicron di RI ini berasal dari hasil pemeriksaan WGS oleh Badan Litbangkes yang keluar pada tanggal 25 Desember 2021. Sebanyak 26 Kasus merupakan imported case, di antaranya 25 WNI yang baru pulang dari Malaysia, Kenya, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Mesir, Malawi, Spanyol, Inggris, Turki, dan 1 orang WNA Asal Nigeria. Sementara satu kasus positif merupakan Tenaga Kesehatan di RSDC Wisma Atlet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here