175 Orang Positif Corona di Kapal Pesiar Jepang, Dokter di Wuhan Pakai Popok

0
78

Rita Uli Hutapea – detikNews

Rabu, 12 Feb 2020 17:46 WIB

Jakarta – Kasus virus corona bertambah lagi di kapal pesiar Diamond Princess yang sedang dikarantina di perairan Jepang. Data terbaru, sebanyak 39 orang dinyatakan positif virus corona sehingga kini jumlah kasus bertambah menjadi 174 orang.

“Dari 53 hasil tes baru, 39 orang ditemukan positif,” kata Menteri Kesehatan Jepang Katsunobu Kato kepada para wartawan seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (12/2/2020).

Selain itu, seorang petugas karantina kapal pesiar Diamond Princess tersebut juga diketahui terinfeksi virus mematikan ini.

“Pada saat ini, kami mengonfirmasi bahwa empat orang di antara mereka yang dirawat di rumah sakit, kini dalam kondisi serius, baik di unit perawatan intensif ataupun ventilator,” imbuhnya.

Para dokter di garis depan wabah virus corona di China menghadapi tugas yang berat: menangani para pasien yang terus bertambah jumlahnya dan berisiko terinfeksi virus tersebut dikarenakan kurangnya alat pelindung dan masker.

Sejauh ini lebih dari 40 ribu kasus virus corona telah dilaporkan di China, dengan sekitar 44 persen dari kasus tersebut ada di kota Wuhan, yang menjadi pusat wabah virus corona yang pertama kali muncul pada Desember 2019 lalu.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (12/2/2020), para pekerja medis di Wuhan banyak yang kelelahan karena harus berurusan dengan ribuan kasus baru per minggu. Bahkan banyak dokter yang harus menemui pasien dengan mengenakan pakaian pelindung yang tidak semestinya, yakni terpaksa memakai ulang padahal seharusnya diganti secara reguler. Sebagian dokter bahkan memilih memakai popok sehingga mereka tidak perlu bolak-balik membuka pakaian pelindung saat ingin kencing.

“Mereka (staf medis yang mengenakan pakaian pelindung) akan memakai popok, mengurangi jumlah air yang mereka minum dan mengurangi berapa kali mereka ke kamar mandi,” ujar Jiao Yahui, pejabat tinggi di Komisi Kesehatan Nasional China.


Berikut lima berita internasional yang menarik perhatian pembaca hari ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here