10 Pasien Positif Asal Lamongan dari Kluster Pelatihan Petugas Haji di Surabaya

0
55
Data persebaran corona di Jatim (Foto: Amir Baihaqi/detikcom)

Amir Baihaqi – detikNews

Jumat, 03 Apr 2020 20:10 WIB

Surabaya – 10 Pasien positif corona asal Lamongan diketahui merupakan hasil tracing kluster pelatihan petugas haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Hal itu diungkapkan Ketua Rumpun Tracing Gugus Covid-19 Jatim dr Kohar Hari Santoso.

“Ada 10 pasien positif dari Lamongan,” kata Kohar kepada wartawan di Gedung Negara Grahadi, Jumat (3/4/2020).

Menurut Kohar, di antara 10 kasus positif itu, 8 terkait kluster pelatihan petugas haji. Rinciannya, 6 petugas kesehatan dan 2 merupakan tim pembina haji.

“Yang Lamongan ini kami sudah bisa tracing. 8 Terkait dengan pelatihan petugas haji yang kapan hari. Dan 6 di antaranya dari petugas kesehatan haji Indonesia. 2 Adalah dari tim pembinaan haji Indonesia,” jelasnya.

Adapun 2 lainnya, lanjut Kohar, yakni satu orang terindikasi komorbit atau penyakit penyerta TBC. Sedangkan satu lainnya tertular dari temannya yang ikut pelatihan haji.

“Sedangkan 2 dari kabupaten itu 1 orang terindikasi komorbit atau penyakit penyerta TBC. Dan 1 lagi masih dari teman yang ikut pelatihan haji,” tandasnya.

Hingga hari ini jumlah terbaru corona di Jawa Timur yakni, positif 152 orang, PDP 717 orang dan ODP sebanyak 9.435 kasus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here